Anda Susah Tidur?

Mungkin anda biasa mengalami gangguan susah tidur? Atau mungkin saat ini anda sedang mengalaminya.

Menurut hemat anda, apa kira-kira yang menyebabkan anda susah tidur?

Mungkin anda menjawab: banyak sebab, bisa karena mumet mikirkan hutang, karyawan, atau pekerjaan, atau lain hal.

Lalu bila anda mengalami masalah ini, apa yang biasa anda lakukan agar dapat tidur?

Mungkin jawabannya juga beraneka ragam. Ada yang minum susu hangat, mandi dengan air hangat, ada pula yang minum obat tidur, dan masih banyak lagi cara agar anda dapat tidur.

Sudikah anda saya tunjukkan kepada kiat manjur alias ces pleng alias tok cer agar dapat tidur dengan mudah?

Kiatnya sederhana dan mudah, anda pasti dengan mudah melakukannya.

Sebelum anda berbaring di tempat tidur, serahkan semua urusan kepada Allah. Urusan Diri anda, keluarga, usaha, karyawan, tetangga, masa depan, masa lalu dan segala urusan anda sepenuhnya serahkan kepada Allah.

Tumbuhkan keyakinan bahwa Allah pasti mengurusi segala urusan anda dan lebih dari itu Allah pasti memberi anda yang terbaik pada setiap urusan anda.

Dengan cara ini anda berbaring di tempat tidur tanpa membawa beban pikiran apapun selain percaya sepenuhnya bahwa Allah pastilah memenuhi harapan anda.

Mungkin ini salah satu pelajaran penting yang dapat kita petik dari doa sebelum tidur yang diajarkan oleh Nabi shallallahu alaihi wa sallam berikut ini:
اللهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ، وَبِرَسُولِكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ،
Ya Allah aku berserah diri kepada-Mu.
Aku hadapkan sepenuhnya wajahku kepada-Mu.
Aku sandarkan punggungku kepada-Mu.
Aku percayakan sepenuhnya seluruh urusanku kepada-Mu.
Semua ini aku lakukan karena aku sangat berharap dan juga sangat takut kepada-Mu.
Tiada tempat berlindung dan juga tiada tempat bersembunyi dari-Mu.
Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan.
Dan aku juga beriman kepada rasul-Mu yang telah Engkau utus. ( muttafaqun alaih)

Selamat mencoba.

doa sebelum tidur

Nasehat dari Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri

2 thoughts on “Anda Susah Tidur?

Leave a Reply

