Bertaubatlah…!!!!!

bertaubatlah
Bertaubatlah…!!!!!
Syair ini pernah membuat Imam Ahmad
-rohimahulloh- terenyuh menangis:
ﺇﺫَﺍ ﻣَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﻟِﻲ ﺭَﺑِّﻲ ﺃﻣَﺎ ﺍﺳﺘﺤﻴﻴﺖَ ﺗَﻌﺼﻴﻨِﻲ … ﻭﺗُﺨﻔﻲ
ﺍﻟﺬَّﻧﺐَ ﻋﻦ ﺧَﻠْﻘﻲ ﻭﺑﺎﻟﻌﺼﻴﺎﻥ ﺗﺄﺗﻴﻨﻲ
Jika Rabb-ku mengatakan kepadaku:
“Tidak malukah kau bermaksiat
kepada-Ku?!
Engkau menutupi dosa dari para
makhluk-Ku, tapi malah dg
kemaksiatan kau mendatangi-Ku!”
ﻓﻜﻴﻒ ﺃﺟﻴﺐ ﻳﺎ ﻭﻳﺤﻲ ﻭﻣﻦ ﺫﺍ ﺳﻮﻑ ﻳﺤﻤﻴﻨﻲ … ﺃﺳﻠﻲ
ﺍﻟﻨﻔﺲ ﺑﺎﻵﻣﺎﻝ ﻣﻦ ﺣﻴﻦ ﺇﻟﻰ ﺣﻴﻦِ
Maka bagaimana aku menjawabnya,
dan siapa yg mampu melindungiku…
Aku terus menghibur diri dengan
angan-angan (dunia) dari waktu ke
waktu…
ﻭﺃﻧﺴﻰ ﻣﺎ ﻭﺭﺍﺀ ﺍﻟﻤﻮﺕِ ﻣﺎﺫﺍ ﺑﻌﺪُ ﺗﻜﻔﻴﻨﻲ … ﻛﺄﻧﻲ ﻗﺪ
ﺿﻤِﻨْﺖُ ﺍﻟﻌﻴﺶَ ﻟﻴﺲ ﺍﻟﻤﻮﺕ ﻳﺄﺗﻴﻨﻲ
Tp aku lalai dg perihal setelah
kematian, tentang apa yang dapat
mencukupiku setelah itu…
Sepertinya aku akan hidup terus, dan
maut tidak akan menghampiriku…
ﻭﺟﺎﺀﺕ ﺳﻜﺮﺓ ﺍﻟﻤﻮﺕِ ﺍﻟﺸﺪﻳﺪﺓُ ﻣﻦ ﺳﻴَﺤْﻤﻴﻨﻲ … ﻧﻈﺮﺕُ
ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻮﺟﻮﻩِ ﺃﻟﻴﺲَ ﻣﻨﻬﻢ ﻣﻦ ﺳﻴﻔﺪﻳﻨﻲ
(Saat) sakaratulmaut yg dahsyat itu
benar-benar datang… Siapakah yang
mampu melindungiku…
Aku melihat wajah orang-orang…
Tidakkah ada diantara mereka yang
mau menebusku?!…
ﺳﺄُﺳْﺄَﻝ ﻣﺎ ﺍﻟﺬﻱ ﻗﺪَّﻣﺖُ ﻓﻲ ﺩﻧﻴﺎﻱَ ﻳُﻨﺠﻴﻨﻲ … ﻓﻜﻴﻒ
ﺇﺟﺎﺑﺘﻲ ﻣﻦ ﺑﻌﺪُ ﻣﺎ ﻓﺮَّﻃﺖُ ﻓﻲ ﺩﻳﻨﻲ
Aku akan ditanya, tentang apa -yang
kukerjakan di dunia ini- yang dapat
menyelamatkanku…
Maka bagaimanakah jawabanku
setelah aku lupakan agamaku…
ﻭﻳﺎ ﻭﻳﺤﻲ ﺃﻟﻢ ﺃﺳﻤﻊ ﻛﻼﻡ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺪﻋﻮﻧﻲ … ﺃﻟﻢ ﺃﺳﻤﻊ ﺑﻤﺎ
ﻗﺪ ﺟﺎﺀ ﻓﻲ ﻗﺎﻑٍ ﻭﻳﺎﺳﻴﻦِ
Sungguh celaka aku… Tidakkah ku
dengar firman Alloh yang menyeruku?!
Tidakkah pula ku dengar ayat-ayat
yang ada di Surat Qoof dan Yasin itu?!
ﺃﻟﻢ ﺃﺳﻤﻊ ﺑﻴﻮﻡ ﺍﻟﺤﺸﺮ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﻭﺍﻟﺪﻳﻨﻲ … ﺃﻟﻢ ﺃﺳﻤﻊ
ﻣﻨﺎﺩﻱ ﺍﻟﻤﻮﺕِ ﻳﺪﻋﻮﻧﻲ ﻳﻨﺎﺩﻳﻨﻲ
Bukankah ku dengar tentang hari
kebangkitan, hari dikumpulkan, dan
hari pembalasan?!
Bukankah ku dengar pula panggilan
kematian yg terus melayangkan padaku
panggilan dan seruan?!
ﻓﻴَﺎ ﺭﺑَّﺎﻩ ﻋﺒﺪٌ ﺗﺎﺋﺐٌ ﻣﻦ ﺫﺍ ﺳﻴﺄﻭﻳﻨﻲ … ﺳﻮﻯ ﺭﺏٍّ ﻏﻔﻮﺭٍ
ﻭﺍﺳﻊٍ ﻟﻠﺤﻖِّ ﻳﻬﺪﻳﻨﻲ
Maka ya Robb… akulah hambamu
yang bertaubat… Tidak ada yang dapat
melindungiku,
Melainkan Robb yg maha pengampun,
lagi maha luas karunianya… Dia-lah yg
menunjukkan hidayah padaku
ﺃﺗﻴﺖُ ﺇﻟﻴﻚ ﻓﺎﺭﺣﻤﻨﻲ ﻭﺛﻘِّﻞ ﻓِﻲ ﻣﻮﺍﺯﻳﻨِﻲ … ﻭﺧﻔﻒ ﻓﻲ
ﺟﺰﺍﺋﻲ ﺃﻧﺖ ﺃﺭﺟﻰ ﻣﻦ ﻳُﺠﺎﺯﻳﻨﻲ
Aku telah datang kepada-Mu… maka
rahmatilah aku, dan beratkanlah
timbanganku…
Ringankanlah hukumanku… Sungguh
Engkaulah Yang paling kuharapkan
pahalanya untukku…
sumber gambar samidz

2 thoughts on “Bertaubatlah…!!!!!

Leave a Reply

