Kiat Menghapuskan Sifat Kikir

menghapus sifat kikir

Barang kali anda pernah berkata atau berpikiran: andai aku kaya aku akan bersedekah ini dan itu. Adapun saat ini karena masih pas-pasan maka tidak usah bersedekah.

Sobat, mengandai-andai memang mudah, namun aplikasinya sering kali berat. Seribu satu alasan bisa saja anda utarakan untuk bisa menunda atau menyelisihi ucapan anda sendiri. Misalnya dengan berkata: belum bangun rumah, rumah masih kecil, belum beli kendaraan, mengembangkan usaha, dan seterusnya.

Bukan hanya memiliki satu perusahaan saja, bahkan andaipun dunia beserta isinya telah menjadi milik anda sifat kikir semacam ini terus melekat pada diri anda.

قُل لَّوْ أَنتُمْ تَمْلِكُونَ خَزَائِنَ رَحْمَةِ رَبِّي إِذًا لَّأَمْسَكْتُمْ خَشْيَةَ الْإِنفَاقِ وَكَانَ الْإِنسَانُ قَتُورًا
Katakan wahai Muhammad: andai kalian menguasai perbendaharaan Tuhanku, niscaya kalian menahan kekayaan itu, karena kalian takut untuk menginfakkannya. Dan memanglah manusia itu sangat kikir ( al Isra’ 100)

Tidak perlu heran sobat, itulah karakter dasar setiap manusia, hanya iman yang kokoh yang dapat mengalahkan karakter buruk ini.

Iman anda kepada kehidupan akhirat, surga dan neraka yang kuasa mengikis sifat kikir samacam ini.
لَن تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنفِقُوا مِن شَيْءٍ فَإِنَّ اللهَ بِهِ عَلِيمٌ
Kalian tidaklah dapat mencapai derajat kebajikan hingga kalian menginfakkan/membelanjakan harta yang kalian cintai. Dan apapun yang engkau infakkan maka sejatinya Allah mengetahuinya. ( Ali Imran 92)

 

disadur dari ustadz Muhammad Arifin Badri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s